apa itu agama

agama…. apa itu agama…. sebuah bentuk dari fasis? sesuatu yang tidak pasti? atau sebuah pelarian? atau bahkan sebuah candu? sebenarnya agama adalah sebuah pegangan agar kita tidak salah mengambil langkah. dan tidak pernah melupakan sang pencipta.

namun karena adanya pandangan dari setiap individu dan tidak adanya satu panduan khusus yang mengekang dan kuat, membuat setiap agama itu terpecah2 menjadi aliran. islam saat ini terbagi menjadi 73 aliran, dan kristen 23 aliran. apa yang terjadi jika setiap aliran itu benar? dan setiap aliran itu saling bertabrakan dalam ideologi?

dan konflik pun tak tertelakkan

sangat mudah memecah belah persatuan dengan mengangkat isu agama… karena agama merupakan sebuah hal yang fundamental dan merupakan suatu identitas. yang banyaklah yang benar membuat seseorang semakin kuat dalam memegang agama/kepercayaannya itu.

apakah indonesia ini akan hancur karena isu agama? bagaimana dengan pandangan kalian?

One Response to “apa itu agama”

  1. kata “agama” berbeda2 penafsirannya, tergantung tipikal orang.

    sedikit contoh, buat orang yang “sekuler” (menganggap agama sangat sedikit hubungannya dengan kehidupan dunia ) mungkin agama adalah sebuah sistem atau metode “pengisian kekeringan jiwa”.

    btw, IMO, seharusnya agama itu diidentikkan dengan “pokok2 dari standar benar dan salah yang dianut oleh seseorang”. jd ngga sebatas spiritualitas.

Leave a comment